Kamis, 27 Juni 2013

Tanggung Jawab Bukan Pilihan

Bahan Alkitab:
Galatia 6:5, Roma 8:12 (BIS)

Pengertian Tanggung Jawab
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Dalam bahsa Inggris, responsibility dapat berarti tanggung jawab, kewajiban atau beban yang harus ditanggung.

Kata Alkitab tentang Tanggung Jawab
Menurut Bilangan 11:11, tanggung jawab berarti beban, sedangkan dalam ayat 14, tanggung jawab berarti tugas. Roma 8;12 (bis) mengatakan, “…..itulah sebabnya, saudara-saudara kita mempunyai tanggung jawab, tetapi bukan tanggung jawab kepada tabiat manusia, kita tidak perlu hidup menurut keinginannya”. Sementara itu, Gal.5:6 disebutkan….”Sebab masing-masing orang memikul tanggung jawab sendiri”.
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab kristiani adalah kewajiban, tugas atau beban yang harus ditanggung dan dijalankan dalam terang dan bimbingan Roh Kudus. Dan tanggung jawab harus dijalankan karena perintah Allah (Kejadian 2:16-17).

Godaan Lari dari Tanggung jawab
Tanggung jawab bersifat mengikat. Karena itu, ada kecenderungan manusia untuk melepaskan diri dari beban tersebut. Hal ini yang disebut sebagai godaan melarikan diri dari tanggung jawab. Hal ini bisa terjadi, ketika menerima tanggung jawab:

Di rumah
…………………………………….
…………………………………….

Di sekolah
…………………………………….
…………………………………….

Di masyarakat
…………………………………….
…………………………………….

Pilihan pribadimu
…………………………………….
…………………………………….

Oleh karena itu, remaja (sebagaimana manusia pada umumnya), terus membutuhkan tuntunan Roh Kudus agar dapat bertanggung jawab bagi masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar