Minggu, 16 Juni 2013

Alkitab Diilhamkan Oleh Allah

Diilhamkan artinya, "si penulis Alkitab itu digerakkan dan dipimpin oleh Allah sehingga ia dapat menuliskan kebenaran-kebenaran yang mungkin si penulis itu sudah mengetahuinya lebih dahulu, tetapi mungkin juga ia belum mengetahuinya" (Pardington). "Bila dikatakan Alkitab diilhamkan oleh Allah itu berarti Tuhan Allah menggerakkan serta memimpin pikiran orang-orang yang menulis Alkitab itu, dengan demikian Alkitab itu adalah suatu undang-undang yang tidak mungkin salah dan wajib dipercayai serta ditaati" (Strong). "Diilhamkan artinya: Roh Kudus telah memimpin dan menggerakkan hati para penulis Alkitab sehingga apa yang ditulis oleh mereka itu merupakan penyataan dari kehendak Allah dan merupakan Firman Allah" (Wiley). Diilhamkan artinya, "Roh Kudus bekerja di dalam akal budi orang-orang yang menulis Alkitab itu sehingga pikiran mereka dibukakan dan mereka dapat menuliskan kebenaran-kebenaran Allah dengan tepat" (Hannah). Perkataan "diilhamkan oleh Allah" dalam bahasa Yunani berarti "dinafaskan oleh Allah". (Lihat 2Timotius 3:16; 2Petrus 1:21*).

Terjemahan Dr. Shellabear dari 2Timotius 3:16* adalah sebagai berikut: "Adapun segenap kitab (Alkitab) yang diilhamkan Allah yaitu berguna bagi pelajaran dan teguran, dan membetulkan kelakuan orang dan mengajar dia dari hal kebenaran. "Terjemahan Dr. Bode adalah sebagai berikut: "Adapun tiap-tiap kitab yang diwahyukan Allah, berfaedah bagi pelajaran, bagi hal menyatakan yang salah, bagi hal memperbaiki yang rusak dan bagi hal mengajarkan jalan yang benar. "Kedua terjemahan itu tidak tepat sekali dengan bahasa aslinya, yaitu bahasa Yunani. Bila keduanya diselidiki benar-benar, akan jelas sekali perbedaannya dengan terjemahan yang sebenarnya. Dahulu dalam bahasa Inggrispun ayat itu kurang tepat penterjemahannya. Kemudian, setelah dikeluarkan terjemahan yang diperbaharui dari Amerika, maka ayat itu dibetulkan penterjemahannya. Terjemahan yang tepat dengan bahasa aslinya menyatakan bahwa segenap Alkitab diilhamkan oleh Allah.
Dalam terjemahan Perjanjian Baru yang berjudul "Injil," diterbitkan oleh percetakan Arnoldus, Ende, Flores-Cetakan IV, 1971-2Timotius 3:16* diterjemahkan dengan tepat sebagai berikut: "Segala yang tertulis dalam buku-buku kudus diilhamkan oleh Allah dan berguna untuk mengajar, meyakinkan para penentang, memberi nasihat-nasihat dan mendidik orang dalam kebenaran. "Baca juga 2Timotius 3:16* dari BIS. Dalam terjemahan yang mengatakan "yang diilhamkan" seakan-akan menimbulkan pemikiran bahwa ada sebagian dari Alkitab yang tidak diilhamkan oleh Allah dan ada sebagian yang diilhamkan oleh Allah. Ada sebagian pengajaran yang berfaedah dan ada sebagian pengajaran yang tidak berfaedah. Sesungguhnya bukan demikian yang dimaksud Rasul Paulus. "Orang-orang sesat dalam jemaat akan senang apabila kita membaca terjemahan yang kurang tepat itu supaya di dalam pikiran kita timbul pertanyaan-pertanyaan untuk menyelidiki dan menentukan mana yang diilhamkan dan mana yang tidak. Dan dengan demikian seorang akan berkata bahwa ayat itu tidak berfaedah bagi saya dan orang lain berkata bahwa ayat yang lain lagi yang tidak berfaedah baginya, sehingga akhirnya segenap Alkitab itu sia-sia sebab tidak ada yang berfaedah" (Evans). Bukan kita yang menghakimi Alkitab, tetapi Alkitablah yang harus menghakimi kita.
Terjemahan yang sesuai dengan aslinya itu disahkan dan diakui oleh Bishop Moberly, Bishop Wordsworth, Bishop Trench, Dean Burgon, Dr. Tregelles, dan banyak para ahli bahasa Yunani yang lain. Jadi, pernyataan bahwa segenap Alkitab itu diilhamkan oleh Allah merupakan satu hal yang pasti dan tidak perlu diragukan lagi oleh manusia. Kita harus yakin seperti yang dikatakan oleh Rasul Petrus, "Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah" (2Petrus 1:21*). Kita percaya bahwa para penulis Alkitab itu perkataannya benar, Tuhan menjaga apa yang ditulis oleh mereka itu dari kesalahan, dan perkataan-perkataan mereka itu asalnya dari Allah. Meskipun sifat para penulis itu berlainan dan berbeda pula cara penulisan mereka, namun kita tahu bahwa mereka itu digerakkan dan dipimpin oleh Roh Kudus sehingga perkataan-perkataan mereka telah menjadi Firman Allah.

Sumber:
J. W. Brill, Dasar Yang Teguh, Bandung: Kalam Hidup, 2006, hal. 11-12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar