Jumat, 14 Juni 2013

Mengembangkan Talenta

Bahan Alkitab:
Matius 25:15-28

Dalam Kamus Alkitab, talenta adalah ukuran timbangan sebesar 3.000 syikal = lebih kurang 34 kilogram. Dalam Perjanjian Baru, talenta merupakan ukuran jumlah uang yang sangat besar nilainya, yaitu 6.000 dinar. Pada waktu itu, upah seorang pekerja dalam sehari adalah satu dinar. Ini berarti bahwa satu talenta bernilai sangat besar.


Talenta melukiskan anugerah atau karunia yang diberikan Tuhan kepada hamba-hamba-Nya. Pemberian-Nya itu berbeda beda (ada yang diberi 5, 2 dan 1 talenta). Tuhan telah memakai ukuran dalam pemberian-Nya, yaitu menurut keadaan atau kesanggupan tiap-tiap hamba yang menerima. Jadi, Tuhan membagikan karunia-Nya sesuai dengan kekuatan kita masing-masing.
Pengajaran dengan perumpamaan talenta akan mengingatkan orang percaya bahwa:

  • Allah melengkapi setiap orang percaya dengan talenta yang kadar, jenis dan jumlahnya berbeda, sesuai dengan kehendak Allah. Tuhan tidak menciptakan manusia tanpa talenta. 
  • Talenta itu harus dikembangkan. Berdasarkan talenta yang diberikan  Allah, setiap orang percaya harus berjuang supaya hidupnya bermakna bagi kemanusiaan dan kemuliaan nama Allah, sesuai dengan maksud dan kehendak Allah.

Jenis-jenis Talenta (Karunia-karunia rohani yang dimiliki oleh orang beriman)

Rasul, Nabi, Penginjil, Gembala, Guru, Memberi/membagi-bagikan, Kemurahan, Musik, Menyanyi, Menulis, Ketrampilan, dan lain-lain.

Mengenali 8 Jenis Kecerdasan menurut Howard Gardner:
  1. Kecerdasan Linguistik (Word smart): Kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif. Contoh:  berbicara,  menulis dan membaca.
  2. Kecerdasan Logis-Matematis (Number Smart): Keterampilan mengolah angka. Contoh:  untuk menganalisa laporan keuangan, berpikir kritis.
  3. Kecerdasan spasial (Picture Smart): Kemampuan untuk memvisualisasikan gambar dalam  pikiran (dibayangkan). Contoh: menggambar. 
  4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani (Body Smart): Merupakan kecerdasan seluruh tubuh. Di perlukan untuk menari (keterampilan tangan), olah raga. 
  5. Kecerdasan Musikal (Music Smart): Suatu kemampuan untuk mengingat music, kepekaan akan irama, dan menyanyikan lagu.
  6.  Kecerdasan Antarpribadi (People Smart): Kemampuan untuk memahami dan bekerja dengan orang lain. Contoh : berempati, membaca orang lain, berteman. 
  7. Kecerdasan Intrapribadi (Self Smart): Suatu kecerdasan untuk memahami diri-sendiri, kecerdasan untuk mengetahui “Siapakah saya sebenarnya?”, “Apakah kelebihan dan kekurangan saya?”
  8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart): Suatu kemampuan untuk mengenali bentuk-bentuk alam disekitar kita. Pada saat kita berkebun, berkemah dan lain-lain.

Ingatlah! 
Kita diberikan berbagai karunia atau talenta yang berbeda-beda, sesuai dengan kesanggupan dan kebutuhan masing-masing. Kita harus menggunakan karunia itu untuk kepentingan bersama, sehingga nama Tuhan dimuliakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar