Jumat, 14 Juni 2013

Hargailah Waktu

Bahan Alkitab:
Efesus 5:15-18, Mazmur 103:15-16.

Waktu adalah pemberian Tuhan
 Waktu adalah pemberian Tuhan. Menghargai waktu berarti menghargai Tuhan. Sebaliknya, menyia-nyiakan waktu berarti tidak menghormati Tuhan. Cara menghargai-Nya adalah dengan menggunakan waktu yang ada, dengan baik dan benar. “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat” (Efesus 5:15-16).



Waktu memiliki dua pengertian: kronos dan kairos
 Kronos adalah waktu yang berjalan dari satu saat ke saat lain secara rutin. Kairos adalah momen atau kesempatan khusus yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Orang yang bijaksana adalah orang yang bisa menemukan kairos dalam hidupnya dan mengerti kehendak Tuhan melalui kesempatan tersebut. Misalnya, studi adalah kairos, bukan sekedar kronos yang dijalani secara rutin. Studi adalah kesempatan yang akan hilang, jika tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Waktu untuk Tuhan, sesama dan diri sendiri
 Salah satu tanda kedewasaan seseorang terletak pada kemampuannya dalam mengatur waktu. Waktu dimiliki oleh semua orang. Kita tidak mempunyai kecerdasan yang sama atau kepribadian yang sama, tetapi kita semua mempunyai waktu yang sama, yakni 24 jam sehari.
 Karena waktu dan kesempatan adalah anugerah Tuhan, kita harus mengisi dan menggunakannya dengan baik, Waktu dan kesempatan itu tidak pernah kembali atau berjalan mundur. Itu berarti kita harus mengelola waktu secara bijaksana (Efesus 5:15-17). Kita bisa membagi waktu untuk Tuhan, sesama dan diri sendiri secara seimbang.
 Meluangkan waktu untuk Tuhan berarti menyediakan waktu untuk bersekutu dengan Tuhan melalui belajar firman Tuhan dan melakukannya dengan segenap hati. Kita juga harus bersedia memperhatikan sesama, belajar terbuka, bersabar, menjalin hubungan dan kerjasama. Sebagian besar waktu kita adalah untuk diri sendiri.

Prinsip pengaturan waktu yang baik
Kita dapat mengatur waktu dengan baik melalui cara-cara berikut:

  1. Mempunyai tujuan yang jelas. 
  2. Milikilah rencana yang terperinci. 
  3. Buatlah daftar kerja/belajar setiap hari. 
  4. Tetapkan prioritas. 
  5. Pusatkan perhatian pada satu tugas. 
  6. Kita perlu mengikuti motto, “Lakukanlah sekarang!”

Evaluasi:

  1. Apakah arti bahwa waktu adalah karunia Tuhan kepada semua orang? 
  2. Benarkah salah satu tanda kedewasaaan seseorang diukur melalui kemampuannya dalam mengatur waktu? Jelaskan! 
  3. Berkaitan dengan waktu, yang disebut  sebagai orang bijaksana adalah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar