Kamis, 27 Juni 2013

Persahabatan Sejati

Bahan Alkitab:
Amsal 17:17

Siapakah “sahabat”  itu?
Ralph Waldo Emerson berkata, “Seorang sahabat adalah satu karya agung dari alam, dan Henry Durbanville berkata, “Seorang sahabat adalah orang pertama yang menghampiri kita, ketika seluruh dunia meninggalkan kita”. Menurutmu seorang sahabat adalah………………



Apa kata Alkitab tentang persahabatan? 
“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran” (Amsal 17:17). Penekanannya adalah setiap waktu. Mengasihi sahabat adalah sesuatu yang wajar, tetapi dapatkah kasih tersebut dapat bertahan dalam kondisi apapun?
Dalam persahabatan yang sejati harus ada keterbukaan dan kejujuran  dan  tanggung  jawab.. Dengan demikian, persahabatan sejati pastilah membawa pertumbuhan dalam kematangan berpikir, kedewasaan sikap, dan pertumbuhan iman.  “…tetapi Aku menyebut kamu sahabat karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari BapaKu” (Yohanes 15:15).

Jendela Johari
Johari adalah singkatan dari dua nama orang yang menemukan teori ini, yaitu John dan Harry. Dalam teori ini pribadi manusia digambarkan seperti sebuah jendela yang mempunyai 4 daun jendela.

(A)
I and Others know
(B)
I know but Others don’t know

(C)
I don’t know but Others know
(D)
I and Others don’t know


  1. Daun jendela (A) adalah bagian yang terbuka. Bagian ini diketahui diri sendiri dan orang lain.
  2. Daun jendela (B) adalah bagian yang kita ketahui, tetapi tidak diketahui orang lain. 
  3. Daun jendela (C) adalah bagian yang diketahui orang lain, tetapi tidak diketahui oleh diri sendiri. 
  4. Daun jendela (D) adalah bagian yang tidak diketahui diri sendiri dan orang lain.

Intinya adalah untuk mengenal diri sendiri, kita dapat belajar dari bagaimana orang lain melihat kita. Dalam hal ini salah satu pihak yang paling dapat dipercaya dan mengenal kita adalah sahabat. Karenanya, tugas penting seorang sahabat adalah memberitahukan berbagai hal yang tidak kita ketahui. Semakin seseorang mengetahui kelemahan dan kekuatan dirinya, ia dapat semakin maksimal mengembangkan dirnya.

Hafalkan!          
Amsal 17:17 -  (Catatlah pengalamanmu berkaitan dengan ayat tersebut).          

  1. …………………………. 
  2. ………………………….  
  3. ………………………….       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar