Kamis, 06 Juni 2013

Manusia Diberi Mandat Untuk Berkarya

Bahan Alkitab: Kejadia 1:28-30

Mandat adalah perintah yang diberikan oleh seseorang/lembaga kepada orang/lembaga lain untuk dilaksanakan.

Manusia adalah mandataris Allah
Kata “mandataris” berarti orang yang menerima (diserahi, menjalankan) mandat. Jadi, manusia sebagai penerima mandat dari Allah berarti manusia diberi kuasa atau kewenangan oleh Allah untuk menjalankan perintah-perintahNya (berkarya sesuai dengan kehendak Tuhan). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan mandat Allah tersebut:
  • Manusia diberi tugas untuk mengelola bumi sebagai pelaksana mandat Allah
  • Manusia harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, bukan sebagai beban.
  • Manusia menyatakan anugerah yang telah diterimanya kepada ciptaan lain.
Allah melengkapi manusia dengan akal budi untuk melaksanakan mandatNya

Pada kenyataannya, Allah memberikan mandat kepada manusia untuk dilaksanakan di dunia ini. Ini berarti bahwa, manusia sebagai wakil Allah dalam dunia ini harus menyadari dan melaksanakannya. Mandat tersebut hanya bisa dilaksanakan karena Tuhan melengkapi manusia dengan potensi rasional dan memampukan manusia untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan perintah Tuhan. Inilah salah satu keunikan manusia jika dibandingkan dengan ciptaan lain.

Mandat sebagai anugerah Allah
Mandat yang diberikan Allah kepada manusia bukan beban, melainkan anugerah/karunia. Inilah yang harus disadari manusia. Dunia dan makhluk-makhluk lainnya diserahkan kepada manusia supaya dikuasai, ditaklukkan, dan dimanfaatkan oleh manusia (Kejadian 1:28-30). Dengan demikian, manusia adalah wakil Allah di dunia ini. Manusia menjadi pengurus dan pekerja di dalam dunia ini. Tuhan membutuhkan manusia untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaanNya (Kejadian 2:6). Jadi, dapat disimpulkan bahwa mandat yang diberikan kepada manusia merupakan anugerah.

Evaluasi:
  1. Apakah yang dimaksud dengan mandat?
  2. Sebutkan lima contoh tindakan yang menunjukkan bahwa manusia telah melaksanakan mandat Allah!
  3. Sebagai pelajar, apakah kamu juga menerima mandat dari Allah? Apakah mandat tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar