Kamis, 06 Juni 2013

Kebesaran Allah

Bahan Alkitab: Pengk. 3:11; Maz. 40, 78, dan 104

“Kebesaran” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sifat (keadaan besar); kehormatan; keluhuran; kemegahan; kemuliaan; kejayaan; keagungan; tanda-tanda yang menyatakan ketinggian martabat atau pangkat. Dengan demikian “kebesaran Allah” adalah ungkapan yang menjelaskan kemuliaan, keagungan, kehormatan dsb untuk menggambarkan keadaan Allah yang tidak dapat dibandingkan dengan kebesaran manusia atau sesuatu yang besar didunia ini. Berikut adalah tanda-tanda kebesaran Allah:

Allah Sang Pencipta
Kemahakuasaan Allah jelas dari karya ciptaanNya. Bukan saja dari yang tiada menjadi ada, melainkan juga dalam keteraturan dan kebesaran ciptaanNya. Setiap orang dapat belajar mengenai kebesaran Allah melalui alam dan pengalamannya.

Allah Sang Sumber Kehidupan
Setelah Allah menciptakan dunia dan isinya, Allah tidak tinggal diam, melainkan terus bekerja, berkarya dan memelihara kelangsungan hidup ciptaanNya, karena kehidupan seluruh ciptaan, khususnya manusia bergantung sepenuhnya kepada Allah. Ini berarti bahwa Allah berdaulat atas kehidupan dan tujuan hidup kita. Bukti nyata pemeliharaan Allah adalah manusia diberi kelebihan/talenta berupa tenaga, kepandaian, dan akal budi serta menyediakan alam semesta sebagai bahan dasar yang harus diolah untuk mencukupi kebutuhan hidup manusia.

Allah Sang Penyayang dan Pengasih
Tidak ada manusia berdosa yang pernah melihat wajah Allah (Kej. 33:10). Namun, Allah menyatakan kasih melalui perbuatanNya yang penuh kemurahan kepada manusia. Penyataan dan perwujudan sifat Allah yang Penyayang dan Pengasih telah diwujudnyatakan dalam perjalanan dunia ini. Misalnya, pembebasan bagsa Israel dari tanah Mesir dan keselamatan keluarga Nuh dari air bah. Kedua peristiwa tersebut merupakan bagian dari kebesaran dan kasih sayang Tuhan yang telah dinyatakan.

Allah Sang Pelindung
Dalam perjalanan hidupnya, manusia tidak pernah lepas dari perlindungan Allah. Pemazmur memandang Allah sebagai tempat perlindungan bagi hidupnya. Pada Allah  ada kekuatan, penghiburan, serta uluran kasih Allah yang dinyatakan kepada manusia. Inilah bukti bahwa Allah merupakan sumber perlindungan kita yang sejati.

Allah Sang Pengampun
Anugerah Allah terus nyata dalam keberlangsungan dunia ini, walaupun dunia telah dilumuri oleh dosa manusia. Allah menghadirkan pendamai antara Allah dan manusia melalui Yesus Kristus. Melalui Yesus Kristus, Allah telah mendamaikan diriNya dengan manusia. Ia mengorbankan AnakNya yang tunggal demi keselamatan dan pengampunan bagi dosa manusia. Hal ini merupakan anugerah terbesar yang telah diberikan Allah bagi manusia dan dunia ini.

Evaluasi:
  1. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa yang kamu pahami tentang kebesaran Allah!
  2. Tuliskan dua contoh kebesaran Allah yang kamu alami dalam hidup sehari-hari!
  3. Jelaskan mengapa kebesaran Allah tidak dapat disejajarkan dengan kebesaran manusia!
  4. Tuliskan contoh sikap yang diwujudkan oleh  orang yang tidak mengakui kebesaran Allah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar