P: Dalam 1 Taw, apakah 1 dan 2 Paraleipomenon?
J: Dalam terjemahan Septuaginta Yunani 1 dan 2 Tawarikh disebut dengan 1 dan 2 Paraleipomenon. Alkitab Katolik juga menggunakan nama ini, tetapi isinya sama.
P: Dalam 1 Taw, mengapa ada begitu banyak silsilah?
J: Tawarikh kemungkinan ditulis kemudian setelah Kitab Raja-Raja, setelah pengasingan Yehuda. Hal ini menjadi penting bagi orang Yahudi untuk mengingat nenek moyang mereka, dan mengingat siapa mereka sebagai suatu bangsa. Beberapa silsilah juga menunjukkan kepada kita bagian dari garis keturunan Maria dan Yusuf.
P: Dalam 1 Taw, apa perbedaan di dalam penekanan antara kitab Tawarikh dan Raja-Raja?
J: Ada beberapa perbedaan di antara kedua tulisan.
Waktu: Tawarikh ditulis kemudian, selama masa pembuangan. Ini menekankan silsilah, yang akan merupakan hal yang penting bagi orang-orang Yahudi yang kembali.
Bilangan: Tawarikh adalah kitab yang paling berorientasi-nomor di dalam Alkitab, dengan jumlah tentara, dan jumlah imam dan keturunan.
Referensi: Raja-Raja menyebutkan Kitab/Sejarah Raja-Raja Israel, Kitab /Sejarah Raja-Raja Yehuda, dan Kitab /Sejarah Raja-Raja Israel dan Yehuda di dalam 32 ayat. Tawarikh menyebutkan buku-buku berbagai raja-raja hanya 12 kali, dan tidak pernah menyebut "Kitab / Sejarah Raja-Raja Yehuda" tanpa menyebutkan Israel juga.
Kerajaan vs Bait Tuhan: Nehemia serta 1 dan 2 Raja-raja menekankan pada kerajaan Israel dan Yehuda. Tawarikh dan Ezra juga menyebutkan itu semua, tetapi mereka memiliki penekanan lebih besar pada Bait Tuhan.
Hubungan Internasional: Raja-Raja berfokus pada pertempuran dan aliansi dengan Aram, Edom, Moab, dan kerajaan-kerajaan di dekatnya, termasuk Mesir. Tawarikh berfokus pada aliansi perdagangan dengan Hiram dari Tirus, Ratu Syeba, dan Mesir.
Konsekuensi dari Kelemahan vs Pertobatan: Raja-Raja lebih berfokus pada hasil dosa-dosa dari para raja, sedangkan Tawarikh menceritakan perjalanan pribadi mereka dengan Tuhan.
Daud: Tawarikh tidak memberitahu banyak kepada kita tentang Daud, kecuali bahwa dia ingin membangun Bait Suci. Raja-Raja memberitahu kepada kita hampir tidak ada tentang Daud, karena informasi mengenai Daud telah tercakup di dalam 1 dan 2 Samuel.
Salomo: Tawarikh menceritakan sedikit tentang Salomo, kecuali seperti yang berkaitan dengan bangunan Bait Tuhan dan kekayaannya. Dengan pengecualian mengenai puteri Firaun, hanya Raja-Raja yang mengatakan mengenai kompromi moral yang serius yang diperbuat oleh Salomo.
Pertobatan Manasye, yang tidak memiliki dampak politik, disebutkan hanya di dalam Tawarikh. Manasye menghapus banyak mezbah berhala, tetapi pertobatan itu hampir tidak berpengaruh pada kerajaan.
Yoyakim diberikan perhatian lebih di dalam 2 Tawarikh 36 daripada di dalam 2 Raja-Raja 24.
Geografi: Antara waktu Kerajaan Terbagi dan Hizkia, Tawarikh, yang berkaitan dengan Bait Tuhan, memiliki penekanan pada Yehuda selatan, sementara Raja-Raja membahas kedua kerajaan secara panjang-lebar. Akibatnya, Tawarikh tidak memberikan tanggal atau rentang waktu dari masa pemerintahan raja-raja Israel, sementara Raja-Raja memberikan informasi pada Yehuda dan Israel. Raja-Raja juga memiliki material yang lebih lanjut tentang Elia dan Elisa.
Waktu Penulisan: Tawarikh ditulis kemudian, dan mungkin menganggap para pembaca memiliki pengetahuan tentang Raja-Raja. Tawarikh dan bukan raja-raja bercerita tentang kembalinya Yahudi di bawah pemerintahan Koresy dari Persia.
Pelajaran: Kitab Tawarikh menunjukkan bahwa keuntungan material menyertai tindakan yang benar. Namun, Raja-Raja juga menunjukkan konsekuensi-konsekuensi, dari mematuhi atau tidak mematuhi Tuhan.
Perhatikanlah bahwa tidak ada fakta-fakta yang tersembunyi, sebagaimana 1 dan 2 Raja-Raja telah tuliskan sebelum 1 dan 2 Tawarikh.
P: Dalam 1 Taw dan 2 Taw, apa yang menyebabkan perbedaan dalam angka dengan Samuel dan Raja-Raja?
J: Doktrin tidak mungkin ada kesalahan mengatakan bahwa naskah Alkitab tanpa kesalahan di dalam aslinya, tapi beberapa kesalahan yang tidak mempengaruhi iman atau praktek telah merayap ke dalam salinan yang kita miliki saat ini. Orang-orang yang berpegang pada tidak mungkin ada kesalahan bebas mengakui kesalahan penyalinan sebagai berikut di dalam Samuel, Raja-Raja, dan Tawarikh. Dari 18 hingga 20 kesalahan penyalin, sekitar dua-pertiga memiliki jumlah yang lebih besar di Samuel dan Raja-Raja daripada di Tawarikh. Kesalahan penyalinan adalah:
1 Sam 16:10 (delapan anak laki-laki) vs 1 Taw 2:13-15 (tujuh anak laki-laki).
2 Sam 8:4 (1.700 penunggang kuda) vs 1 Taw 18:4 (7.000 penunggang kuda).
2 Sam 10:18 (700 ekor kuda perang) vs 1 Taw 19:18 (7.000 ekor kuda perang).
2 Sam 23:8 (800 musuh dibunuh) vs 1 Taw 11:11 (300 musuh dibunuh).
2 Sam 24:9 (800.000 + 500.000) vs 1 Taw 21:5 (1.100.000 termasuk 470.000) (kemungkinan kesalahan penyalinan, mungkin tidak).
2 Sam 24:13 (7 tahun) vs 1 Taw 21:12 (3 tahun)
1 Raj 4:26 (40.000 kandang kuda) vs 2 Taw 9:25 (4.000 kandang kuda).
1 Raj 4:26 (40.000 kandang kuda) vs 2 Taw 9:25 (4.000 kandang kuda).
1 Raj 5:11 (20 Kor minyak zaitun, menurut teks Masoret, 20.000 Kor menurut teks Septuaginta) vs 2 Taw 2:10 (20.000 Kor minyak zaitun).
1 Ki 5:16 (3.300 mandor) vs 2 Taw 2:18 (3.600 mandor)
1 Raj 7:20 b (200 buah delima) vs 2 Taw 3:16 b (100 buah delima).
1 Raj 7:26 (2.000 bat) vs 2 Taw 4:5 (3.000 bat).
1 Raj 9:23 (550 pemimpin) vs 2 Chr 8:10 (250 pemimpin).
2 Raj 8:26 (22 tahun) vs 2 Taw 22:2 (42 tahun dalam teks Masoret. Apakah untuk menjadi 22, atau yang lain akan menjadi lebih tua daripada ayahnya).
2 Raj 24:8 (18 tahun) vs 2 Taw 36:9 (8 tahun).
Maz 60:1 (12.000) vs 1 Taw 18:12 (18.000)
(Ternyata saya kehilangan 3-5 penyalinan yang salah.)
P: Dalam 1 Taw 1:32 adalah Ketura merupakan selir Abraham menjadi bertentangan dengan Keturah menjadi istri Abraham di dalam Kejadian 25:1, kecuali selir dan istri merupakan sinonim, sebagaimana seorang muslim yang bernamaAhmad Deedat katakan?
J: Tidak, mereka bukanlah sinonim dan bukan, hal ini bukan merupakan suatu kontradiksi. Selir adalah suatu jenis istri. Biasanya anak-anak selir tidak akan memiliki warisan yang sama dengan anak-anak dari isteri yang bukan selir. Seorang muslim yang jujur seharusnya tidak ada masalah dengan ini, karena Mohammad memiliki selir bernama Miriam orang Koptik. Mereka memiliki hubungan yang sah secara hukum karena dia selir, tetapi ia tidak memiliki hak sebagai istri Muhammad yang bukan selir.
P: Dalam 1 Taw, 2 Raj, 1 dan 2 Raj, apa yang merupakan perang utama di dunia pada saat ini?
J: Berikut adalah perang yang dikenal oleh dunia saat itu.
1003 SM Daud merebut Yerusalem.
1000 SM Di dalam Cina Chou mengalahkan Dinasti Shang.
Th.998 SM Israel di bawah Daud vs Moab, 10K orang dibunuh.
Th.997 SM Perang Saudara Israel Absalom -2 Sam 18:7, 20K orang dibunuh.
969 SM Mesir menjarah kota Gezer sebagai hadiah pernikahan Salomo.
950 SM Sisak dari Libya mengambil takhta Mesir.
926 SM Sisak dari Mesir menyerang Yehuda.
> 926 SM Yerobeam / Abia Israel / Yehuda berperang, 500K orang dibunuh.
918 SM Sisak menghancurkan Taanakh.
911-894 SM Adad dari Asyur Nirari II melancarkan operasi militer.
909 SM Pada daerah Gibeton, orang Filistin mengepung Israel.
900 SM San Lorenzo, Meksiko dihancurkan oleh pemberontakan.
897 SM Ethbaal menumbangkan Raja Phelles di Tirus.
889-886 SM Tukulti Ninurta II dari Asyur melancarkan operasi militer.
884/3-878 SM Ashurnasirpal II dari Asyur melancarkan operasi militer.
866 SM Ashurnasirpal II dari Asyur melancarkan operasi militer.
859-824 SM Salmaneser III dari Asyur telah melakukan 32 operasi militer.
858 SM Ashurnasirpal II dari Asyur melancarkan operasi militer.
858 SM Bangsa Asyur memerangi orang-orang Urartu.
857 SM Menyerang Bit-Adini (Eden).
857 SM Bangsa Asyur merebut Karkemis.
856 SM Bangsa Asyur memerangi Urartu.
853 SM Pada daerah Qarqar, Bangsa Asyur vs gabungan koalisi.
850-841 SM Bangsa Asyur melawan orang-orang Aram
850 SM. Bangsa Asyur mengepung Gannanatu
Abad ke9 Hasanlu dari Urartu dibakar.
843 SM Bangsa Asyur menjarah Allabria, Parsua, Abdadani, Khaban, dan Namri
841 SM Bangsa Asyur melawan Hazael tetapi gagal untuk mengambil Damaskus.
841 SM Yehu memberontak dan membunuh raja-raja Israel dan Yehuda.
841 SM Bangsa Asyur mengalahkan Parasca.
839 SM Asyur melancarkan operasi militer di Kilikia.
836 SM Dekat Hamadan Salmaneser III memerangi Bangsa Media.
835 SM Bangsa Asyur menjarah Kota Shalmnas.
832 SM Di Arsanies, Bangsa Asyur mengalahkan orang Urartu
831 SM Patinu memberontak dari Bangsa Asyur.
830-827 SM Bangsa Asyur memerangi Urartu.
828 SM Bangsa Asyur memerangi Urartu dan menjarah Musasin.
826-820 SM pemberontakan Asyur.
824-805 SM Kekaisaran Urartu memperluas daerah kekuasaan.
809 SM Asyur memerangi Media.
808 SM Bangsa Asyur Memerangi Guzanu.
807-806 SM Bangsa Asyur Memerangi Bangsa Mannaeans.
Tahun 806-804 SM Zakir dari Hamat dan Luash melawan kota Damaskus.
804-733 SM Urartu melakukan penaklukan lebih lanjut.
804-802 SM Asyur menyerang Damaskus dan merebutnya.
801 SM Asyur menyerang Khubbushkia
800 SM Spartan menaklukkan Laconia.
800-799 SM Asyur memerangi Media
800-700 SM Nubia (Sudan) memberontak dari Mesir
798 SM Asyur memerangi Lushia
797 SM Asyur memerangi Namri
793-792 SM Asyur memerangi Media
791 SM Asyur menyerang Khubbushkia
789-787 SM Asyur memerangi Media
Israel vs Aram -1 Raja-Raja 20:29, 127K orang dibunuh
786 SM Asyur memerangi Kisku
785-784 SM Asyur menyerang Khubbushkia
-616-612 SM Kekaisaran Asyur berakhir
771 SM Hao di China, pasukan barbar Rong membunuh Zhou King You
770 SM Pemberontakan terhadap Chou; Chou memindahkan ibukota.
745 SM Raja Asyur Tiglath pileser III merebutkota Damaskus
743 SM Perang Saudara di Asyur.
743 SM Asyur merebut kota Kashpuna, dekat Tirus dan Sidon
743-740 SM Asyur mengepung Arpad
740 SM Spartan menaklukkan Messenia
740-710 SM Orang Scythian menyerbu Simeria
738 SM Yaudi di Suriah memberontak terhadap Asyur
736 SM Yunani merebut wilayah Fenisia Malta
735-715 SM Orang-orang Edom menangkap orang-orang Yahudi di bawah Ahas dalam 2 Taw 28:17
735-715 SM Orang Filistin menyerang Yehuda di bawah Ahas dalam 2 Taw 28:18
734 SM Korintus merebut Corfu dari Eretians
734 SM Tiglath-Pileser merampok kota Hazor di Israel
Tahun 733 SM Israel mengalahkan Yehuda 2 Taw 28:6, 120K orang dibunuh
732 SM Asyur merebut Damaskus
731-724 SM Raja Piye dan orang-orang Napatan menaklukkan Mesir
724-722 Asyur mengepung kota Tirus
722 SM Asyur meredakan pemberontakan di selatan Kasdim
722 SM Sargon II dari Asyur merebut Samaria
721 SM Asyur menaklukkan Urartu
720 SM Assyria mengalahkan Arpad, Simirus, Damaskus, Samaria
720 SM Asyur menjarah Arpad, Qarqar
717 SM Asyur mengalahkan Carchemish
715 SM Asyur merampok kota-kota Filistin dari Ashdod dan Gath
714 SM Sargon II menjarah Danau Van dan orang-orang Mannai di Armenia
713-679 Asyur dan Simeria menyerang Urartu
712 SM Asyur menaklukkan Ekron di Filistia
708 SM Asyur merebut Samsat di Anatolia
701 SM Raja Sanherib dan Asyur merebut kota Usse dekat Tirus
701 SM Asyur mengepung Sidon di Fenisia
701 SM Di Eltekah, Asyur bertemu orang-orang Mesir
701 SM Asyur merampok Megiddo, Samaria, dan Gibeah
701 SM Asyur menaklukkan Ekron
701 SM Asyur menjarah Lachish dengan banyak orang dibunuh, 1.5K orang dibunuh
701 SM Orang-orang Asyur dibunuh di luar Yerusalem, 185K dibunuh
700 SM Chalcis dan Eretia berperang.
700 SM Asyur meruntuhkan Karatepe
700 SM Assyria memerangi Kashku
698 SM Asyur merebut Tarsus
689 SM Asyur menjarah Babelonia
686 SM Asyur memerangi Arab
680 SM Simeria menaklukkan Frigia
678 SM Asyur menundukkan pemberontakan Babelonia.
678 SM Scythians menyerang Asyur
676-673 SM Asyur mengepung Sidon 3 tahun
675/671 SM Asyur merebut Memphis
674 SM Di Sile, Mesir mengalahkan Asyur
672 SM Asyur menundukkan orang-orang Mesir
671 SM Raja Asyur Esarhaddon merebut kota Memphis di Mesir
670 SM Orang-orang Mesir memberontak dari Asyur
Tahun 670 SM Scythians memasuki kerajaan Mannai
669 SM Raja Assyria Esarhaddon meninggal di dalam barisan ketika melawan orang-orang Mesir
668 SM Argirus melakukan perjalanan menuju Sparta
667 SM Ashurbanipal menaklukkan Mesir
665 SM Ashurbanipal menyerang Finisia dan kemudian Mesir
664 SM Tantamani membebaskan Mesir
664-657 SM Firaun Psammetichus I menyatukan Mesir
653 SM Scythians menguasai Medes
653 SM Asyur mengalahkan bangsa Elam
653 SM Mesir terbebas dari Asyur
652-643 SM Shamash-shum-ukin memberontak melawan raja Asyur Ashurbanipal
Tahun 650 SM Messenians memberontak melawan Sparta
650 SM Scythians dan Simeria menyerang dengan Palestina secara tiba-tiba.
648 SM Asyur menjarah Babelonia.
646 SM Asyur mengasingkan orang-orang Elamite
642-639 SM Asyur menyerang Elam dan menjarah Susa.
638 SM Pada Sungai Hong di Cina, Chu mengalahkan Adipati Xiang Song
633 SM Asyur merampok Thebes di Mesir
Tahun 631/627 SM Medes dibawah Kyaxares mengepung Niniwe, ibukota Asyur.
630 SM Orang-orang Di menyerang Cina utara
626/625 SM Babelonia mendapatkan kemerdekaan
625 SM Kyaxares Mede mengusir Scythians
623 SM Orang-orang Di menyerang Cina utara
620 SM Orang-orang Di menyerang Cina utara
615 SM Kota Asyur Arrapkha direbut.
614 SM Asyur direbut.
614 SM Medes mencoba untuk mengambil-alih kekuasaan kota Niniwe
Tahun 613-7-8/612 Medes menjarah Niniwe (Babelonia terlalu terlambat untuk menolong Medes).
612 SM Medes menaklukkan Armenia
612-609 SM Akhir dari kehancuran Asyur
609-606 SM Babelonia menyerang dengan tiba-tiba Israel Utara
609/608 SM Orang-orang Mesir menghancurkan Megiddo & menyerang Gaza
606-605 SM Di menyerang Cina utara
604 SM Di Carchemish, Babelonia mengalahkan Mesir
11-12/605/604 Babelonia menjarah kota Ashkelon di Filistia
603 SM Babelonia menjarah Ekron
601 SM Babelonia dan Mesir terikat dengan kekalahan yang berat
599-598 SM Babelonia melawan Arab
3/16/597 SM Babelonia merebut Yerusalem
596 SM Babelonia memerangi Elam
593 SM Psamtik II dari Mesir + Yunani, Fenisia, dan Yahudi mengalahkan prajurit upahan Cush
591 SM Mesir menyerbu Nubia
589-587/586 SM Yahudi memberontak melawan Babelonia.
586/5-573/2 SM Nebukadnezar II dari Babelonia mengepung Tirus dan merebutnya
581 SM Babelonia mengembalikan lebih dari Yehuda
568-567 SM Pemimpin Apries dan Babelonia menyerbu Mesir
559 SM Medes dan Babelonia bergabung melawan Persia
P: Dalam 1 Taw dan 2 Taw, 1 Raj dan 2 Raj, apakah peristiwa dunia Timur Tengah pada waktu ini?
J: Inilah diantaranya.
969 SM Mesir menjarah Gezer sebagai hadiah pernikahan Salomo
950/945 SM Shishaq orang Libia menjadi Firaun Mesir
926 SM Shishak dari Mesir menyerbu Yehuda
>926 SM Yerobeam dari Israel melawan Abiyah dari Yehuda 500K orang dibunuh di dalam 2 Tawarikh 13:17
Tahun 613-7-8/612 Medes menjarah Niniwe (Babelonia terlalu lambat untuk menolong Medes)
604 SM Di Carchemish, Babelonia mengalahkan Mesir
970 SM Dedikasi bagi Bait Salomo
Tahun 870 SM Kelaparan Elia di Israel
765 SM Wabah di Niniwe
6/15/763 Gerhana matahari Total.
759 SM Wabah di Niniwe sekitar masa Yunus
3/16/597 SM Pengasingan utama yang pertama ke Babelonia
587/586 SM Yehuda ditawan ke Babilon
538 SM Orang-orang di pengasingan kembali ke Yerusalem
540-10/12/539 M Persia menaklukkan Kekaisaran Babelonia
336-6/323 SM Kekaisaran Alexander Agung.
P: Dalam 1 Taw 1:6, apakah ini "Difat" orang yang sama dengan orang-orang "Rifat" dalam Kejadian 10:3?
J: Mungkin ya. Ini adalah kemungkinan kesalahan penulisan, dan kita tidak memiliki catatan lain dari orang-orang Rifat.
P: Dalam 1 Taw 1:10, bagaimana Nimrod merupakan seorang pemburu yang perkasa di bumi?
J: Kata Ibrani dalam 1 Tawarikh 1:16 (diucapkan- gib BOR) hanya berarti "perkasa", yang bisa berarti pemburu yang terampil, seorang prajurit yang terampil, juara, raksasa, atau besar dengan cara lain. Septuaginta Lancelot Brenton membuat terjemahan ini sebagai "pemburu yang perkasa" dengan catatan kaki mengatakan di dalam bahasa Yunani seorang raksasa, seorang pemburu. Dalam beberapa cara, Nimrod adalah seorang "raksasa" di antara manusia, apakah itu ukuran fisiknya atau keterampilan suka berperang itu. Banyak orang Kristen percaya bahwa Nimrod memburu manusia, sebagai seorang pejuang dan pembangun Kekaisaran. Beberapa orang melihat ke dalam catatan Sumeria mengenai Gilgames tradisi pembangun Kekaisaran yang pertama, dan mungkin Alkitab adalah mengacu pada manusia ini sebagai Nimrod.
Ini gema dari apa yang Kejadian 10:9 katakan tentang Nimrod. Kata benda Ibrani di sini (TSAH Yid-diucapkan) yang berarti pemburu. Terjemahan Lancelot Brenton Septuaginta mengatakan "pemburu raksasa" di dalam Kejadian 10:9.
Hari ini beberapa dapat menjadi "raksasa" di dalam pertempuran, atau dalam bisnis, tetapi hal tidak ada gunanya setelah mereka mati.
P: Dalam 1 Taw 1:42 haruskah itu "Yaakan" dari "Akan / Waqan"?
J: Teks Masoret mengatakan Jakan (diucapkan Yakan), tetapi tata bahasa yang tampaknya kurang kata sambung we (dan), jadi mungkin harus Akan/Waqan.
P: Dalam 1 Taw 2:3, mengapa Yehuda menikahi seorang Kanaan?
J: Larangan terhadap kawin campur dengan orang Kanaan musuh Israel tidak diberikan sampai pada masa Musa, 400 tahun kemudian.
P: Dalam 1 Taw 2:7, siapakah Akhan/Ahar, sang pengacau Israel?
J: Ini adalah Akhan, yang diam-diam mengambil jarahan beberapa dari kota Yerikho dalam Yosua 7.
P: Dalam 1 Taw 3:5, siapakah nama ayah Batsyeba Amiel, atau Eliam seperti di dalam 2 Sam 11:3 katakan?
J: Ini adalah kemungkinan besar kesalahan penyalin karena "l" dan "m" yang dialihkan ke dalam bahasa Ibrani. "Eliam berarti "Tuhan/dewa adalah penebus "dan" Amiel berarti "saudara adalah Tuhan/dewa". Sejak Tawarikh ditulis setelah 2 Samuel, itu lebih mungkin bahwa nama di dalam 2 Samuel yang dipelihara dengan benar. "Amiel"adalah di dalam 1 Tawarikh 3:5 baik dalam Teks Masoretic dan Septuaginta, sehingga transposisi ini terjadi sebelum terjemahan Yunani Septuaginta dibuat. Segel Ibrani kuno telah ditemukan dengan nama "Eliam".
P: Dalam 1 Taw 14:4-7 3:5-8, dan 2 Sam 5:14-16, siapakah sebenarnya Anak Daud?
J: 2 Samuel 5:14-16, 1 Tawarikh 3:5-8, dan 1 Tawarikh 14:4-7 semua mengatakan: Syamua, Sobab, Natan, Sulaiman, Ibhar, Elishua (Elisjama dalam 1 Tawarikh 3:5-8 ), Nepheg, Yafia, Elisama, Elyada, dan Elifelet. 1 Tawarikh 3:5-8 mengatakan Elisama dua kali sementara yang lain menyebutkan Elishua dan Elisama. Selain itu 1 Tawarikh 3:5-8 juga menyebutkan Elifelet untuk yang kedua kalinya, dan Nogah. 1 Tawarikh 3:5-8 mungkin memiliki kesalahan ketik untuk Elifelet yang kedua kalinya, tapi Daud bisa memiliki anak lagi selain yang terdaftar.
P: Dalam 1 Taw 3:9, apakah mungkin sembilan anak menjelang tahta Salomo, seperti dugaan beberapa orang?
J: Mungkin saja, jika anak-anak Daud yang diberikan dalam urutan kelahiran mereka. Tentu Amnon, Absalom, dan Adonia lebih tua dari Salomo, dan Salomo lahir ketika Dauid tua. Namun, tidak ada yang menentukan bahwa daftar ini sesuai dengan urutan dalam kelahiran mereka.
P: Dalam 1 Taw 3:15, apakah Salum/Yoahas putra keempat dari Yosia?
J: Tidak, karena Zedekia, anak yang terdaftar ketiga, adalah hanya berumur sepuluh tahun di dalam tahun 609 SM, ketika Yoahas menjadi raja pada umur 23.
Ada sebuah titik penafsiran Alkitab untuk belajar di sini. Setiap kali Anda melihat daftar anak-anak, tidak berarti anak-anak lahir di dalam daftar secara urutan.
P: Dalam 1 Taw 3:16, apakah Salum nama pribadi raja dengan nama takhta Yoahas, sebagaimana saran beberapa orang skeptis?
J: Komentator Kristen setuju bahwa Salum sebagai nama lain untuk Yoahas. Namun, apakah Salum adalah nama pribadi ketika ia dilahirkan dengan, atau nama panggilan yang ia peroleh kemudian tidak diketahui.
P: Dalam 1 Taw 3:19, apakah ayah Zerubabel adalah Pedaiah, atau Sealtiel sebagaimana Ezra 3:2,8; 5:2; Nehemia 12:1; Hagai 1:1,12,14; 2:2,23; dan Matius 1:12 katakan?
J: Beberapa anak memiliki baik ayah biologis dan seorang ayah adopsi. Sealtiel adalah kakak Pedaiah yang bersaudara menurut 1 Tawarikh 3:17-18. Sealtiel yang tertua, tetapi ada kalanya laki-laki tertua pewaris tidak memiliki anak untuk melanjutkan suksesi kerajaan. Para sarjana Kristen memberikan dua jawaban yang berbeda.
Pedaiah meninggal, dan Sealtiel mengadopsi Zerubabel. Ini adalah kedua hal yang dihasilkan, yaitu suatu kemurahan hati, dan memberikan Sealtiel dengan penerus kerajaan.
Sealtiel meninggal, dan Pedaiah tertua adalah untuk membawa garis keturunan Sealtiel dan suksesi kerajaan.
P: Dalam 1 Taw 5:10,19,20,22 siapakah Hagri?
J: Kita tidak memiliki catatan arkeologi dari Hagri, sampai prasasti Asyur, di bawah Sanherib dan Tiglath-pileser III, ditemukan bahwa menyebutkan Hagri sebagai suku Aramaean. Para Hagri tidak hanya keturunan Hagar, sebagaimana Mazmur 83:6 sebutkan baik Hagri dan Ismael bersama dengan orang timur lainnya.
Sementara para penulis kemudian yang bernama Strabo dan Ptolemy (5.19.2) dan menyebutkan Agraioi hidup di Arabia utara, mereka cenderung tidak sama.
Pliny dalam NH 6,159-161 juga menyebutkan Hagri, dan ini mungkin rakyat Hofuf-thaj di oasis Al-Hasa di Arabia utara di Teluk Persia, dan tidak berhubungan dengan Hagar meskipun memiliki kesamaan nama.
P: Dalam 1 Taw 5:22, karena perang ini adalah dari Tuhan, bagaimana mungkin Tuhan menjadi Tuhan kedamaian?
J: Tuhan akhirnya akan menyebabkan semua perang untuk berhenti (Mazmur 46:9). Meskipun saat itu datang, kadang-kadang perang meningkatkan penyebab perdamaian, dan Israel berperang di sini bagi perdamaian Tuhan dan perlindungan dari suku-suku Transjordan.
Seseorang harus mempertanyakan asumsi dasar pasifisme berkata: "Apakah itu benar-benar suatu manifestasi kebaikan untuk tidak menentang kejahatan? Dapatkah kita mengatakan bahwa seorang ahli bedah yang benar-benar baik harus tidak melakukan apapun untuk memotong jaringan kanker dari pasien dan hanya memungkinkan pasien tersebut untuk menderita sampai akhirnya dia meninggal? Dapatkah kita memuji kekuatan polisi yang berdiri diam dan tidak melawan sedikit pun perampok bersenjata, pemerkosa, para pelaku kebakaran, atau pidana lain yang memangsa masyarakat? Bagai-mana mungkin Tuhan disebut 'baik' jika Dia melarang umat-Nya untuk melindungi istri-istri mereka dari pemerkosaan dan pencekikan oleh para perampok mabuk, atau untuk melawan penjajah yang datang untuk mengambil anak-anak mereka dan mengeluarkan otak mereka ke dinding?
Tidak ada kebijakan akan memberikan kendali secara bebas kepada kejahatan dan kriminalitas daripada menyerah pada hak membela diri pada bagian anggota masyarakat yang taat hukum."
P: Dalam 1 Taw 6:16,26-28, siapakah ayah dari Samuel dari Lewi, atau Samuel seorang Efraim sebagaimana 1 Sam 1:1 katakan?
J: Lewi tidak memiliki wilayah mereka sendiri tetapi tersebar di seluruh Israel. Ayah Samuel adalah seorang Lewi, tetapi mereka tinggal di wilayah Efraim.
P: Dalam 1 Taw 6:28 (Masoret teks), siapakah yang tertua dari anak laki-laki Samuel yang tertua Vashni, atau Yoel sebagaimana yang 1 Sam 8:2 katakan?
J: Anak tertua Samuel bernama Yoel. Teks Masoret memiliki kesalahan penyalinan dan menghilangkan Yoel dan mengatakan "anak sulung, yang kedua dari Abia" Ibrani berkata, "Vashni, dan Abia untuk Abia kedua, mengambil kedua sebagai nama yang tepat." Daftar Septuaginta dan Syria baik putra sebagai Yoel dan Vashni.
P: Dalam 1Taw 8:33, apakah Ner merupakan kakek Saul, atau paman Saul?
J: Mungkin ada dua laki-laki yang bernama Ner, dan yang kedua dinamakan setelah kakeknya.
P: Dalam 1 Taw 8:33, apakah Esybaal adalah orang yang sama seperti Isyboset di dalam 2 Sam 2:8?
J: Mungkin. Baal dapat berarti tuan, Tuhan, atau berhala Kanaan. Anaknya bernama Saul Ish (manusia) dari Baal, kemungkinan besar dengan maksud tuan atau Tuhan. Para penulis atau penyalin mungkin berubah nama menjadi "bosheth" yang berarti malu.
P: Dalam 1 Taw 9:1, apakah Kitab Raja-Raja itu?
J: Ini bukan buku 1 dan 2 Raja-raja di dalam Alkitab. Sebaliknya, ini adalah catatan sekuler raja. When Critics Ask hal.204 menyebutkan bahwa hal yang luar biasa untuk buku-buku yang diilhami sebagaimana Alkitab untuk mengutip buku sekuler, atau untuk Paulus yang bahkan mengutip penyair kafir, ketika mereka berbicara tentang kebenaran sesuatu.
P: Dalam 1 Taw 10:6, bagaimana semua isi rumah Saul mati, karena Isyboset masih hidup menurut 2 Sam 2:8?
J: 1 Tawarikh 10:6 mengatakan bahwa "semua isi rumahnya" dimaksud ketiga putranya yang meninggal dengan dia. Ini tidak termasuk cucu bayi Saul, Mefiboset. Sementara Alkitab tidak mengatakan mengapa Isyboset tidak dengan Saul, atau mengapa Isyboset (yang hampir 40 pada saat itu) tidak termasuk dalam "rumah Saul" di sini, mungkin itu karena Isyboset adalah anak Saul dari selir.
P: Dalam 1 Taw 10:8-10 mengapa tentara yang menang merampasi orang-orang mati?
J: Mereka akan mengumpulkan pedang, tombak, senjata-senjata lain, dan bahkan barang berharga tentara yang mungkin dibawa, tetapi yang paling penting, mereka akan mengumpulkan senjata. Ini akan digunakan untuk pasukan mereka sendiri, dan juga dapat ditampilkan seperti piala perang.
P: Dalam 1 Taw 10:13-14, apakah Saul tidak meminta petunjuk Tuhan, atau apakah Saul bertanya kepada Tuhan dalam 1 Sam 28:6?
(Ini merupakan sebuah pengulangan dari diskusi pada 1 Samuel 28:6)
J: Sementara ini bisa menjadi kesalahan penyalinan, baik teks Ibrani Masoret dan Yunani Septuaginta mengatakan hal yang sama, dan ada penjelasan sederhana dari kesalahan penyalinan.
Ada suatu dunia yang berbeda antara melakukan sesuatu, dan melakukan sesuatu dengan tulus.
Kata Ibrani shalal didalam 1 Samuel 28:6. berarti untuk bertanya, meminta, permintaan, mengemis, atau meminjam. Perjanjian Lama menggunakan kata ini 19 kali pada waktu yang lain. Ini tidak selalu berarti bertanya secara tidak tulus. Sebaliknya, itu adalah kata umum untuk bertanya, dan itu bisa tulus atau tidak tulus.
Kata Ibrani shalal didalam 1 Samuel 28:6. berarti untuk bertanya, meminta, permintaan, mengemis, atau meminjam. Perjanjian Lama menggunakan kata ini 19 kali pada waktu yang lain. Ini tidak selalu berarti bertanya secara tidak tulus. Sebaliknya, itu adalah kata umum untuk bertanya, dan itu bisa tulus atau tidak tulus.
Kata Ibrani darash dalam 1 Tawarikh 10:14 berarti terutama untuk mengikuti, dan dengan implikasi untuk mencari atau bertanya atau memuja. Di 41 tempat lain Perjanjian Lama menggunakan kata ini, itu adalah sesuatu yang orang-orang mohon kepada Tuhan atau memohon kepada berhala, tapi tidak keduanya sekaligus.
Di dalam kontras penggunaan shalaldi dalam 1 Samuel 28:6 Ketika Saul bertanya kepada Tuhan, 1 Samuel 28:7 menggunakan kata darash ketika Saul pergi ke penyihir Endor.
Sementara Saul mungkin dengan santai bertanya, ia jelas tidak meminta petunjuk Tuhan menggunakan sarana mapan para imam. Ingat, Saul telah membunuh semua imam Nob, kecuali Abyatar. Abyatar telah mengambil efod dengan dia ketika dia melarikan diri di dalam 1 Samuel 23:6.
Saul bisa meminta petunjuk Tuhan, tapi tanpa pertobatan merupakan hal yang sulit bagi pertanyaan yang dilakukan secara tulus setelah dia membunuh sebagian besar imam Tuhan sebagai tempat untuk dapat ditanyai.
P: Dalam 1 Taw 11:10-12:40, siapakah beberapa orang yang tidak biasa disebutkan di sini?
J: Inilah beberapa diantara mereka.
Zelek dalam 11 Taw 1:39 adalah orang Amon,
Uriah dan Ismaiah adalah orang Gibeon.
Ada Benyamin dalam 1 Taw 12:29, dan keduanya baik Benyamin maupun Gibeon akan secara khusus bersekutu dengan Saul.
Daud memiliki Pleti dan Kerethites, yang mana adalah orang Filistin di dalam tentaranya.
Ada 4.600 Lewi dan 3.700 Aaronites.
Dengan demikian Daud memiliki kualitas untuk mendapat menang ke pihaknya bahkan orang-orang yang biasanya menjadi musuh-musuhnya.
P: Dalam 1 Taw 11:10-12:40, bagaimana kita memiliki karakter dan kepribadian sehingga bahkan mantan musuh kita ingin berdamai dengan kita?
J: Daud adalah orang yang bersemangat, ia sangat mencintai teman-temannya, dan membenci mereka yang jahat atau berbahaya. Namun Daud bisa menghormati beberapa lawan-lawannya, seperti Massa dan Abner, yang adalah orang-orang terhormat. Daud adalah orang yang setia. Ia setia kepada pasukannya, dan ia dihargai mereka yang setia. Daud adalah seorang yang terampil dalam perang, yang sebagai berjalannya waktu, tampak seperti dia mungkin akan memperolah kemenangan. Semua jenis orang akan mengikuti seseorang yang sepertinya mereka akan mendapatkan kesuksesan. Yang paling penting meskipun, Daud adalah manusia Tuhan, yang menaati Tuhan sebagai pemimpin, dan orang Israel yang saleh akan mengenali bahwa mereka harus mengikuti Daud.
Merupakan hal yang menarik untuk membedakan kesetiaan orang-orang Daud, orang-orang Israel dan keluarga Daud terhadap Daud pada awal pemerintahannya, dengan menghadapi banyak masalah yang Daud hadapi dengan orang-orang yang tidak setia di kemudian hari di dalam pemerintahannya. Titik balik adalah hilangnya rasa hormat banyak orang untuk Daud setelah berselingkuh dengan Batsyeba dan pembunuhan prajurit setia-Nya Uria. Hanya membutuhkan sejumlah kecil pengkhianatan untuk menghapus kenangan orang lain mengenai kesetiaan Anda.
P: Dalam 1 Taw 11:10-12:40, apakah yang penting mengenai jumlah dari setiap suku?
J: Pertama, marilah melihat pada jumlah.
Yehuda 6.800 - rupanya ketika Saul mengejar Daud, sejumlah orang di Yehuda secara terbuka memberikan dukungan kepada Daud.
Simeon 7.100 - Simeon adalah sebuah suku kecil, jadi ini sejumlah kecil orang yang akan diharapkan.
Benyamin 3.000
Efraim 20.800
Manasye 18.000
Isakhar 200 kepala
Zebulon 50.000
Naftali 38.000
Dan 28.600
Asher 40.000
Suku Transyordania 120.000
Lewi 4.600
Aaronites 3.700
Jika Daud memiliki tentara tetap banyak ini, ia tidak perlu lari dari Saul, atau bahkan orang Filistin dalam hal ini. Sebaliknya, ini adalah orang-orang yang menyatakan kesetiaan kepada Daud. Ternyata semua orang dalam suku-suku Transyordania menyatakan kesetiaan kepada Daud, meskipun tidak jelas berapa banyak sebenarnya yang menjabat sebagai tentara-Nya. Tentara asli Daud adalah orang buangan dan pengungsi dari berbagai suku. Isakhar sulit-ditekan untuk tanah sebelah utara, sehingga ternyata banyak orang yang datang untuk bergabung dengan Daud.
Ketika seseorang menyelenggarakan suatu usaha yang baru hari ini, banyak orang yang akan bergabung karena berbagai alasan. Beberapa orang bergabung hanya untuk yang terbaik dari alasan-alasan, beberapa bergabung untuk alasan yang tidak dapat diterima, tetapi banyak bergabung untuk alasan yang lebih kecil atau pragmatis, seperti kekurangan tanah di dalam masa Daud. Hari ini, banyak orang melakukan hal-hal karena harapan pahala atau takut konsekuensi buruk jika mereka tidak membantu. Motif ini adalah OK (bisa diterima), dan Alkitab tidak mengkritik mereka. Namun, motivasi terbaik adalah kasih agape yang tidak bersyarat, untuk Tuhan dan untuk orang lain.
P: Dalam 1 Taw 11:11, apakah Triwira membunuh 800 orang, ataukah Triwira membunuh 300 orang dalam 2 Sam 23:8?
J: Lihat diskusi pada 2 Samuel 23:8 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 11:19, bagaimana Daud telah meminum darah anak buahnya yang membawakan air?
J: Daud tidak melakukannya, ini hanyalah sebuah kiasan. Daud berkata bahwa jika dia minum air yang orang-orang ini mempertaruhkan hidup mereka untuk memberikan kepadanya, dia tidak akan menghormati cukup tinggi sehubungan dengan darah prajuritnya yang mendapatkan air untuknya.
P: Dalam 1 Taw 11:22, apakah laki-laki seperti singa itu?
J: Ini adalah laki-laki yang berani, kuat, dan mampu untuk melawan jumlah yang sangat besar bahwa mereka dibandingkan dengan singa. Ariel adalah kata Ibrani untuk singa.
P: Dalam 1 Taw 12:7, apakah Tuhan tidak senang dengan mereka yang mengadakan sebuah sensus, atau dengan Yoab tidak menghitung Lewi dan Benyamin?
J: Allah tidak senang dengan mereka yang mengadakan sebuah sensus.
P: Dalam 1 Taw 12:7, mengapa Tuhan tidak senang mereka mengadakan sebuah sensus?
J: Lihat diskusi pada 2 Samuel 24:1 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 13:9-10, mengapa Tuhan membunuh Uzza?
J: Uzza dan orang-orang lain-lain mungkin terkejut pada saat kematiannya. Setelah semuanya, Uzza hanya mencoba untuk membantu ketika lembu itu tersandung. Namun, Uzza, dan semua orang telah melupakan poin penting: hal-hal yang kudus mengenai Tuhan itu harus diperlakukan dengan hormat yang tepat. Tuhan sudah memberitahu kepada mereka cara yang tepat untuk membawa Tabut. Mereka tidak mematuhinya, dan jika mereka taat, maka tidak akan ada lembu yang tersandung. Hal ini menunjukkan dua jenis ketaatan: cara Anda sendiri dan cara Tuhan.
Dalam cara anda sendiri melayani Tuhan, anda melayani Tuhan sebagaimana anda merasa ingin melakukannya, dan anda berpikir bahwa Tuhan harus menghargai semua yang anda lakukan, dan tidak ada standarnya. Tidak mungkin untuk menjadi tidak taat, kurang taat atau lebih taat.
Dalam cara Tuhan untuk melayani Dia, anda melayani Tuhan sebagaimana Dia telah memerintahkan. Namun, dalam apa yang Tuhan telah berfirman, Tuhan menghargai persembahan sukarela dan hal-hal yang baik dari inisiatif kita sendiri. (2 Korintus 8:10-12, 9:7, terutama 9:17). Tuhan memiliki standar dan peraturan (2 Timotius 2:5). Jika anda tidak taat dalam beberapa hal, maka anda tidak taat (Yakobus 2:9-11). Jika anda ingin menjadi instrumen Tuhan untuk tujuan yang mulia, anda tidak bisa begitu sampai anda membersihkan diri dari hal-hal tercela (2 Timotius 2:20-21).
P: Dalam 1 Taw 14:1, mengapa Hiram sangat ramah terhadap Daud?
J: Selain persahabatan pribadi, Fenisia dan Israel berbagi musuh secara bersama-sama di Filistin.
P: Dalam 1 Taw 14:14-15, apakah banyak pohon-pohon murbei di Palestina?
J: Kata Ibrani di sini adalah tidak pasti. Jika "murbei", ada 12 jenis murbei. Murbei hitam adalah tanaman asli Asia Barat, tetapi orang-orang Yunani dan Roma juga membudidayakan itu. Kata-kata Ibrani juga bisa berarti "pohon balsam".
P: Dalam 1 Taw 15:20,28, apakah Psalteries dan Alamoth itu?
J: Mereka adalah alat musik, tetapi kita tidak tahu seperti apa mereka saat ini.
P: Dalam 1 Taw 15:29, mengapa orang, bahkan beberapa orang percaya, kadang-kadang orang lain memandang rendah?
J: Ada paling sedikit dua alasan.
1. Beberapa orang mengharapkan bagi standar orang lain. Jika orang melanggar standar mereka, mereka mungkin tak kenal ampun dan tidak pernah menghormati mereka lagi. Mikhal kehilangan rasa hormatnya untuk suaminya.
2. Beberapa orang lain membenci jika orang lain telah menyakiti mereka, dan mereka menolak untuk mengampuni.
Kita orang Kristen tidak boleh membenci siapapun.
Kita orang Kristen tidak boleh membenci siapapun.
P: Dalam 1 Taw 16:13, bagaimana mereka dipilih oleh Tuhan?
J: Secara kolektif, mereka adalah orang-orang pilihan Tuhan dan bangsa yang dipilih. Itulah makna utama di sini. Namun, secara individu, banyak dari mereka yang adalah umat pilihan Tuhan. Umat pilihan adalah mereka yang dipilih oleh Tuhan, sebelum dunia dijadikan, untuk pergi ke Surga.
P: Dalam 1 Taw 16:25-26 dan Mz 97:7, apakah Alkitab mengajarkan ada banyak dewa?
J: Ya. Alkitab mengajarkan ada banyak dewa, tetapi hanya satu Tuhan yang benar. Mormon mencari dengan sia-sia ayat ini untuk mendukung yang mereka katakan ada banyak dewa (yang sah).
P: Dalam 1 Taw 17:2-15, mengapa Nathan bertentangan dengan dirinya sendiri di sini?
J: Nathan pada awalnya berbicara secara tidak benar, karena dia tidak berbicara sebagai seorang nabi. Dia telah menjadi nabi palsu jika ia berkata, "Beginilah firman Tuhan", atau bahkan jika ia hanya berkata Tuhan mengatakan kepadanya pernyataan yang salah. Sebaliknya, Nathan berbicara spontan pada otoritasnya sendiri. Juga mencatat bahwa bahkan berbicara dengan cara ini, Tuhan mengkoreksi dengan segera.
Saksi-Saksi Yehuwa kadang-kadang menunjuk ke bagian ini untuk mencoba untuk menunjukkan bahwa nabi yang benar (seperti mereka menyatakan tanpa bukti organisasi Menara Pengawal untuk menjadi) masih dapat nabi benar meskipun mereka telah membuat nubuatan yang palsu. Namun, mereka mengklaim sebagai nabi, dan Watchtower Society membuat nubuatan resmi kedatangan Kristus yang palsu.
Gereja Katolik juga mengklaim Paus berbicara tanpa salah, tetapi hanya jika ia berbicara "ex-cathedra". Namun, hampir mengenai non-masalah, sebagai Paus sepanjang sejarah hanya berbicara "ex-cathedra" tujuh atau delapan kali.
Gereja Mormon juga mengklaim memiliki nabi yang sempurna, ketika mereka berbicara sebagai nabi. Joseph Smith dan Brigham Young keduanya membuat nubuatan yang palsu.
P: Dalam 1 Taw 17:16-27 dan 1 Taw 28:2-4, mengapa sikap Daud dipuji di sini?
J: Daud pasti kecewa karena keinginannya yang jangka panjang, yang baik, telah diveto oleh Tuhan. Namun demikian, Daud menerima berita ini dengan rendah hati, dan masih bekerja untuk menyimpan bahan untuk anaknya Salomo untuk membangun Bait Tuhan.
P: Dalam 1 Taw 18:3, apakah Daud mengalahkan Hadarezer atau Hadadezar dalam 2 Sam 8:3?
J: Perbedaan dalam bahasa Ibrani adalah sangat mungkin merupakan kesalahan penyalinan. Surat-surat Ibrani sesuai dengan "d" dan "r" yang mirip satu sama lain.
P: Dalam 1 Taw 18:4, apakah Daud berhak untuk menjaga 100 ekor kuda kereta perang?
J: Tidak Ulangan 17:16-17 mengatakan raja tidak semestinya memperbanyak kereta dan kuda. Daud rupanya mengira 100 kereta tidak terlalu banyak, tapi ini menetapkan suatu tingkat bagi Salomo untuk memiliki banyak kereta dan kuda, sebagaimana 2 Tawarikh 9:28 dan 1 Raja-raja 10:26-29 tunjukkan.
P: Dalam 1 Taw 18:12, apakah 18.000 orang Edom dibunuh, atau 12.000 seperti dalam Mz 60:1 katakan di muka?
J: Ini yang paling mungkin adalah kesalahan dalam penyalinan.
P: Dalam 1 Taw 19:2, apakah ini Nahas orang Amon yang sama dengan Nahas yang menindas Bangsa Israel dalam 2 Sam 10:4?
J: Tidak, karena Nahas yang lebih lama tinggal 50 tahun sebelumnya. Hal ini merupakan hal yang tidak biasa bagi anak laki-laki diberi nama setelah ayahnya atau kakeknya.
P: Dalam 1 Taw 19:3-4, mengapa Raja Hanun, Amon melakukan hal bodoh semacam itu untuk mempermalukan duta besar Daud?
J: Hal ini bisa saja disebabkan kurangnya pengetahuan tentang kekuatan Israel itu, didikan dan kebanggaannya, atau pikiran bahwa pasukan Daud mungkin kelelahan setelah pertempuran melawan Suriah. Hanun tidak mencoba untuk melawan Daud, hanya menghina dia, dan itu sangatlah bodoh.
P: Dalam 1 Taw 19:10-11, mengapa Yoab menempatkan militer elit terhadap orang Aram, dan tentara rakyat melawan Amon?
J: Suriah berjuang dengan kereta perang (1 Raja-raja 22:30-33), dan kereta perang sangat efektif melawan tentara berpengalaman, atau tentara bersenjata dengan hanya pedang dan perisai. Para prajurit elit, mungkin dengan busur dan tombak panjang, tahu bagaimana menangani kereta perang. Sebuah gaya kereta perang menggunakan panah tidak akan mampu mengalahkan kekuatan infanteri yang lebih besar yang menggunakan panah. Kereta perang sering ditempatkan untuk menghadapi pasukan infanteri, tetapi jika infanteri memiliki tombak panjang dan tidak panik, kereta perang akan dihentikan. Alexander dari Makedonia tahu hal-hal ini bertahun-tahun kemudian, ketika pasukannya kecil, kekuatan yang sangat terlatih terutama pada waktu infanteri dan pada waktu lagi mengalahkan pasukan berkuda dan kereta perang yang besar dari kekaisaran Persia.
P: Bagaimana caranya 1 Taw 19:18 bersesuaian dengan 2 Sam 10:18?
J: Ini yang paling mungkin adalah kesalahan dalam penyalinan. Lihat pembahasannya dalam 2 Sam 10:18 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 21:1, apakah Tuhan memerintahkan Daud mengadakan sensus di Israel, ataukah Setan?
J: Ini adalah setan secara langsung, dan Tuhan secara tidak langsung. Lihat pembahasannya dalam 2 Samuel 24:1 untuk jawabannya.
Setan di dalam kata Ibrani dapat berarti musuh serta Setan. Namun, tidak ada hipotesis yang Asimov tawarkan siapa yang akan menjadi musuh ini, jika tidak setan.
P: Dalam 1 Taw 21:1, apakah konsep Ibrani mengenai Setan berasal dari Persia, sebagaimana beberapa orang skeptis klaim?
J: Tidak Tentu saja ular itu berbicara dan mencobai Hawa di Kejadian 3, memiliki kemampuan non-alami, termasuk berbicara dan kecerdasan.
Ayub, yang beberapa orang pikirkan menurut salah satu buku paling awal dari Alkitab, membahas mengenai setan secara rinci, seperti halnya Yesaya. Mengatakan bahwa buku-buku tersebut membahas mengenai setan menunjukkan setan-setan itu ada karena pasca-pembuangan adalah suatu penalaran yang melingkar.
P: Dalam 1 Taw 21:1, mengapa Daud menginginkan sebuah sensus bagi Israel?
J: Pada akhirnya, Tuhan mengijinkan Iblis untuk mencobai Daud untuk melakukannya. Segera alasan mengapa Daud mungkin ingin jumlah orang Israel adalah suatu kebanggaan bagi bangsa, untuk perpajakan yang lebih baik, untuk kerja paksa di masa depan, dan untuk mendaftar atau wajib militer bagi para laki-laki untuk berperang.
P: Dalam 1 Taw 21:4, adalah Yoab benar untuk mematuhi Daud di sini, karena Yoab tahu itu bertentangan dengan keinginan Tuhan?
J: Yoab berada di situasi yang sempit. Dia harus mematuhi raja, kecuali raja memerintahkan dia untuk melakukan sesuatu terhadap apa yang Tuhan katakan.
Tidak ada perintah yang menentang sensus, tetapi Yoab merasa (secara benar) bahwa ini bukanlah apa yang Tuhan inginkan.
Tidak ada perintah langsung, sehingga Yoab melakukan apa yang terbaik. Ia mengungkapkan oposisinya, tetapi taat pula kepada raja. Ada beberapa ambiguitas dalam perintah Daud, apakah untuk menghitung orang Lewi atau tidak, dan Yoab menafsirkan dengan cara yang dia pikir terbaik.
Tidak ada perintah langsung, sehingga Yoab melakukan apa yang terbaik. Ia mengungkapkan oposisinya, tetapi taat pula kepada raja. Ada beberapa ambiguitas dalam perintah Daud, apakah untuk menghitung orang Lewi atau tidak, dan Yoab menafsirkan dengan cara yang dia pikir terbaik.
Ini adalah situasi yang berbeda dari para pastor di Jerman selama Perang Dunia II. Hitler mengatakan kepada mereka bahwa karena ia adalah pemimpin Jerman, mereka tidak boleh mengkritik apa-apayang ia lakukan. Dalam alasan orang Kristen untuk menghormati pemimpin pemerintahan dan mematuhi mereka. Namun, ketika Hitler mulai memusnahkan orang-orang Yahudi, Alkitab secara spesifik mengatakan kita harus mempertahankan perintah langsung untuk menindas (Yesaya 1:17), dan Tuhan bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh Hitler.
P: Dalam 1 Taw 21:5, apakah ada total 1.100.000 orang siap perang, atau 1.300.000 orang siap perang sebagaimana yang 2 Sam 24:9 tunjukkan?
J: Lihat pembahasan pada 2 Samuel 24:9 untuk dua kemungkinan jawaban.
P: Dalam 1 Chr 21:12, tiga tahun terancam kelaparan, atau tujuh tahun sebagaimana 2 Sam 24:13 katakan?
J: Kita tidak yakin, karena kelaparan tidak terjadi. Ini adalah suatu kesalahan penyalinan.
P: Dalam 1 Taw 21:15, seberapa kuatkah malaikat Tuhan?
J: Mereka tidak semua-kuat, tetapi untuk menghancurkan seluruh Yerusalem, hanya dibutuhkan satu malaikat. Ketika Yesus menuju ke kayu salib, Ia mengatakan bahwa jika Dia meminta, Bapa akan memberikan 12 legiun (mungkin 60.000) malaikat di dalam Matius 26:53.
P: Dalam 1 Taw 21:15, bagaimana Tuhan merasa menyesal atas malapetaka yang Beliau rencanakan di sini?
J: Kata Ibrani di sini berarti membahayakan fisik maupun kejahatan moral. Tuhan memiliki malaikat di sana, terlihat oleh Daud, untuk mengancam apa yang akan terjadi terhadap Yerusalem.
Satu pelajaran yang bisa kita lihat di sini adalah bahwa rencana Tuhan yang terungkap bagi seseorang dapat berubah pada saat orang tersebut bertobat atau berubah.
P: Dalam 1 Taw 21:17, mengapa Tuhan membuat orang menderita karena keputusan Daud yang berdosa?
J: Pertama apa yang bukan jawabannya, dan kemudian jawabannya.
Dalam hidup ini, orang sering menderita karena dosa orang lain. Bayi yang lahir dari ibu yang kecanduan kokain dilahirkan dalam keadaan kecanduan kokain juga, dan mereka telah mengurangi kapasitas mental. Sudah cukup umum bagi seluruh bangsa merasa sangat menderita, karena ambisi yang muluk-muluk dari satu pemimpin. Kehidupan di bumi tidak merata, dan tidak akan merata di dunia yang telah jatuh ke dalam dosa, hingga Tuhan menetapkan segalanya dengan benar pada Hari Penghakiman.
Sementara sebelumnya adalah benar, itu adalah bukan merupakan jawaban untuk situasi ini. Berikut ini adalah Tuhan sendiri yang secara aktif membunuh banyak orang Israel karena dosa Daud, satu orang.
Daud merasa bangga dengan kekuasaan duniawinya, terutama pasukannya, dan Tuhan menurunkan jumlah orang-orang yang Daud banggakan. Juga, kita tidak tahu persis siapa semua prajurit Daud itu. Salah satu spekulasi adalah bahwa Tuhan telah menambah beberapa malaikat untuk menambah jumlah tentara Daud, dan Iblis melihat ini dan meminta penghitungan dari apa yang terjadi di sini.
Seseorang mungkin secara salah mendefinisikan penderitaan sebagai Tuhan tidak memperpanjang hidup yang sehat sepanjang mungkin, atau menyebabkan suatu negara untuk memperluas kekuasaan seluas mungkin. Tuhan tidak berkewajiban untuk secara otomatis memberkati kita. Ketika kita benar-benar sedang menerima berkat dari Tuhan kita harus bersyukur, tidak menuntut lebih. Tuhan sangat mengasihi kita, dan ingin memberkati kita, tapi jangan lupa bahwa banyak dari kehidupan ini adalah persiapan untuk hidup yang akan datang, dan Tuhan tidak ingin memberkati kita sehingga kita lupa mengenai hal itu.
P: Dalam 1 Taw 21:24, bagaimana kita bisa menerapkan prinsip Daud untuk tidak memberikan kepada Tuhan suatu pengorbanan yang tidak membebani biaya untuk dibayar bagi Daud?
J: Mungkin ada banyak cara untuk menerapkan prinsip ini, tapi satu aplikasi sederhana adalah mengajar anak-anak Anda. Segera setelah anak-anak Anda sudah cukup untuk menghasilkan sedikit uang dengan melakukan pekerjaan, biarkan mereka melakukan korban pada gereja mereka dengan uang mereka sendiri, dan Anda tidak memberikan mereka uang untuk pengorbanan.
P: Dalam 1 Taw 22:2, apakah kerja paksa dimulai oleh Daud, atau di bawah Salomo?
J: Salomo melakukan kerja paksa bagi orang-orang non-Israel di dalam skala besar, tapi Daud yang memulainya. Kedua hal ini dan menjaga beberapa kereta adalah contohnya Daud tidak menaati Tuhan dengan cara yang relatif kecil, dan Salomo memperkuat hal-hal itu. Sebagai orang tua, apakah ada "hal kecil" dosa-dosa di dalam kehidupan Anda yang anak-anak Anda mungkin akan memperkuatnya? Daud melaksanakan sensus, dan Salomo melakukan sensus juga.
P: Dalam 1 Taw 22:14, Daud memberikan 100.000 talenta emas untuk membangun Bait Tuhan di masa depan, atau hanya 3.000 talenta sebagaimana 1 Taw 29:3-4 katakan?
J: 1 Tawarikh 29:3 menjawab pertanyaan ini. Daud mendedikasikan 100.000 Talenta hasil jarahan dari menaklukkan Suria, Moab, dan Edom. 1 Tawarikh 29:3 mengatakan bahwa Daud memberikan harta pribadinya "melebihi dan di atas segala sesuatu yang telah saya sediakan".
P: Dalam 1 Taw 22:14, bagaimana Daud mendapatkan semua emas ini?
J: Lihat pembahasannya dalam 2 Samuel 10:14 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 24:31:, 26:13 mengapa mereka membuang undi di sini?
J: Ini adalah cara yang sederhana, tidak memihak untuk menentukan tugas ketika ada perintah mengenai hal itu tidak penting. Orang pada hari ini melakukan hal yang sama ketika mereka "menarik sedotan" untuk melihat siapa yang medapatkan suatu posisi. Sementara Tuhan bisa secara langsung membuang undi atau menarik sedotan, tidak berarti bahwa Tuhan mengarahkan hasilnya secara lebih lanjut daripada jika mereka telah memilih sendiri, berlalu setelah hari ulang tahun, atau menggunakan beberapa cara lain.
P: Dalam 1 Taw 25:1,3, mengapa orang bernubuat dengan menggunakan kecapi?
J: Tidak ada batasan bagi para nabi untuk menggunakan hal yang tidak-berdosa yang mereka harap untuk digunakan sambil bernubuat. Daud juga bernubuat dengan menggunakan kecapi.
Namun, jika sebuah klaim Mormon bahwa Joseph Smith menggunakan sebuah buku okultisme dari agama palsu [Mesir] hanya sebagai inspirasi untuk menulis Kitab Suci Mormon yang disebut the Book of Abraham, hal ini hampir akan menjadi kasus menggunakan sebuah pemujaan berhala, buku yang jahat untuk mendapatkan apa yang dikatakan sebagai firman Tuhan. Hal ini "hampir" merupakan suatu kasus, karena Mormon yang mengatakan hal itu tidak tepat mewakili apa yang Joseph Smith sendiri katakan. Smith mengatakan ia "menerjemahkan" buku itu, dan ia bahkan memiliki hieroglif Mesir di sebelah terjemahan Bahasa Inggris untuk menunjukkannya. Selanjutnya, Joseph Smith bahkan menulis sebuah buku menggelikan, Egyptian Alphabet and Grammar, yang membuktikan bahwa Joseph benar-benar mengklaim bahwa ia secara supranatural menerjemahkan hieroglif Mesir.
Omong-omong, Gereja Mormon pada saat ini masih memiliki salinan naskah asli Bahasa Inggris dari Book of Abraham Mormon, Egyptian Alphabet and Grammar, dan sebuah papirus Mesir telah ditemukan di sebuah museum yang cocok, baik di dalam karakter dan gambar apa yang Joseph Smith gunakan untuk "menerjemahkan".
P: Dalam 1 Taw 28:2-4, apa yang baik mengenai sikap Daud di sini?
J: David tidak diragukan lagi merasa kecewa bahwa ia bukan orang yang membangun Bait Tuhan. Namun, ia tidak hanya bersyukur atas banyak hal yang Tuhan telah memberinya, Daud berfokus kepada Tuhan dan tidak pada dirinya sendiri. Bait Tuhan adalah monumen untuk Tuhan, bukan untuk Daud, dan Daud tidak mempunyai alasan untuk marah, karena dia tidak memandang Bait Tuhan sebagai monumen untuk dirinya sendiri.
P: Dalam 1 Taw 28:9,10,20; 2 Taw 6:2; 8:11; 1 Raj 3:3-13, 8:23, 9:8-9, 11:9-14, 2 Sam 11 :24-25, bagaimana mungkin bagian ini semua merujuk kepada orang yang sama? (seorang ateis mengajukan pertanyaan mengenai hal ini)
J: Mereka semua sungguh merujuk kepada Salomo. Enam hal yang perlu diperhatikan di dalam menjawab.
Beberapa konsistensi: Salomo secara konsisten seorang yang pintar dan pembangun Bait Tuhan. Salomo menggunakan kebijaksanaan dan keterampilannya membangun untuk Tuhan, terutama di awal hidupnya. Belakangan di dalam hidupnya ia menggunakan keterampilan untuk membangun kuil untuk berhala juga. Beberapa orang didorong untuk membangun dan mencapai suatu prestasi, pertanyaannya adalah, berapa banyak senua itu dilakukan untuk Tuhan?
Mengejutkan: Jika tidak terlihat mengagetkankan dan mengejutkan bagi Anda bahwa Salomo, yang terpilih untuk membangun Bait Tuhan, berdoa dengan doa yang indah kepada Tuhan, dan menulis buku-buku dari Alkitab, harus jatuh ke dalam dosa, maka mungkin Anda belum membaca bagian-bagian ini dengan sangat hati-hati. Hal ini adalah mengejutkan, dan orang ateis yang bertanya apakah hal ini dapat dimaafkan untuk mempertanyakan apakah ini adalah orang yang sama.
Namun hal ini terjadi: ini pasti adalah orang yang sama. Sama seperti Yudas bisa meninggalkan segalanya untuk mengikuti Yesus, dan kemudian mengkhianati Dia, sama seperti Demas dapat mengorbankan untuk menemani Paulus pada perjalanannya, dan kemudian pergi karena Demas mengasihi dunia (2 Timotius 4:10), orang bisa berubah. Tuhan mengawasi kita dan memelihara kita, tetapi orang percaya memiliki pilihan jatuh atau tidak terjatuh. Beberapa orang melarikan diri dari dunia yang korup dengan mengetahui Tuhan kita, dan kemudian terjerat (2 Petrus 2:17-22). Orang lain tidak pernah menyangkal iman, tetapi mereka kompromi dengan mencoba untuk melayani Tuhan dan berhala atau Tuhan dan uang.
Mengapa Salomo berubah? Dalam kasus Salomo, kitab suci memberikan jawaban yang jelas di dalam 1 Tawarikh 11:1-4. Salomo berkompromi dengan menikah dengan istri-istri dari bangsa asing, baik untuk cinta atau untuk aliansi politik. Kompromi itu menyebabkan dia lebih sesat sebagaimana istri-istrinya dengan berbalik hatinya kepada allah lain.
Kita dapat belajar bahwa orang-orang yang berada di sekitar Anda dapat memiliki pengaruh yang kuat pada Anda, jika Anda membiarkan mereka. Sebagai konsekuensi dari kompromi kecil adalah bahwa, tanpa pertobatan yang tepat, mereka dapat menyebabkan kompromi yang lebih besar dan lebih besar lagi.
Alkitab adalah serius tentang tanggung jawab setiap orang percaya sendiri untuk menjadi rajin (Ibrani 6:11), memeriksa diri kita sendiri (2 Korintus 13:5), dan berjaga-jaga (Matius 10:16-17). Jika tidak, seorang pria atau wanita pengikut Tuhan dapat menjadi sangat jatuh, secara mengejutkan sebagai penyembah Yahweh dan merasa senang menjadi penyembah dewa kamos.
P: Dalam 1 Taw 29:2, apa perbedaan antara membangun sesuatu untuk manusia dan membangun sesuatu tersebut untuk Tuhan?
J: Jika Anda membangun sesuatu untuk seorang manusia, Anda harus membangun sebagaimana yang dia inginkan, dan tidak perlu berlangsung lebih jauh daripada yang dia butuhkan. Jika Anda membangun untuk Tuhan, Anda membangun untuk kemuliaan-Nya, bukan untuk Anda sendiri, dan Anda harus membangun sebagaimana yang Tuhan inginkan, dan bukan dengan cara Anda sendiri. Jika Anda sedang membangun sesuatu untuk Tuhan, Anda harus membangunnya untuk yang terakhir untuk selama-lamanya. Salah satu perbedaan lain adalah bahwa hal itu bukanlah bangunan secara fisik, uang, dan hal-hal yang Anda bangun untuk Tuhan, tetapi hidup dan karakter, baik di dalam diri sendiri dan orang lain.
P: Di Dalam 1 Taw 29:19, karena Daud meminta Tuhan untuk hal yang baik, untuk memberikan Salomo hati yang mematuhi perintah-perintah Tuhan, mengapa Salomo kemudian berpaling dari Tuhan?
J: Tuhan telah bersama dengan Salomo dan sangat memberkati Salomo, tetapi Tuhan tidak pernah mengatakan dia akan mengambil kemampuan Salomo untuk memilih taat atau tidak taat, terlepas dari apa yang Daud telah doakan. Salomo telah diberikan semua kebijaksanaan yang dia perlukan, tetapi Tuhan memilih untuk memberikan Salomo (dan kita) kehendak yang bebas.
Omong-omong, pernyataan "Tuhan tidak pernah mempengaruhi kehendak bebas kita" adalah tidak benar. Tuhan lebih aktif dalam ikut campur tangan atas Saul padaTarsus di jalan yang menuju ke Damaskus. Namun meskipun banyak dorongan eksternal dari Tuhan yang diterapkan, hal itu masih terserah kepada Saul untuk merespon.
P: Dalam 1 Taw dan 2 Taw, apakah ada beberapa manuskrip paling awal yang masih ada sampai sekarang?
J: Gulungan Laut Mati: (Tahun 1 SM) Penelitian 1 salinan Gulungan Laut Mati fragmen kecil ini yang disebut 4Q522 frag 9, berisi 1 Tawarikh 7:24 dan 2 Tawarikh 28:18.
Naskah-Naskah Alkitab Kristen, dari sekitar 350 M, berisi Kitab Perjanjian Lama, termasuk 1 dan 2 Tawarikh. The Papyrus Egerton 4 naskah abad ke-3 Masehi adalah salinan Yunani merupakan bagian dari 2 Tawarikh.
Papyrus Egerton 4 (abad ke-3 M) telah memelihara bagian dari 2 Tawarikh.
Vaticanus (325-350 M) telah memelihara semua Tawarikh 1 dan 2.
Alexandrinus (Tahun.450 M) telah memelihara semua Tawarikh 1 dan 2.
Sinaiticus (340-350 M) telah memelihara 1 Tawarikh 9:27-19:17.
P: Siapa sajakah para penulis awal yang merujuk pada 1 Tawarikh?
J: Para penulis Pra-Nicea yang direferensikan atau menyinggung ayat-ayat dalam 1 Tawarikh adalah:
Philo orang Yahudi dari Alexandria (15/20 SM-50 M) mengacu pada 1 Tawarikh 7:14. Studi Awal Bab 8 (43) hal.307.
Melito / Meleto dari Sardis (170-177/180 M) mendaftar semua buku dari Perjanjian Lama, dan dia memasukkan setiap buku yang kita miliki kecuali Nehemia dan Ester. Fragmen 4 From the Book of Extractshal.759.
Hippolytus (M 222-235/6) menyinggung 1 Tawarikh 3:15, ketika ia menyebutkan bahwa Yosia memiliki lima anak: Yoahas, Elyakim, Yohanan, Zedekia, atau Yekhonya, dan Sadum [Salum]. Fragmen dari the Commentary on Daniel bab 1 hal.177.
Origen (225-254 M) mengutip 1 Tawarikh 16:8 sebagai "Sekali lagi, di dalam Tawarikh yang Pertama".
Origen (240 M) menyebutkan "Kitab Pertama Paralipomenon" yang adalah merupakan nama lain untuk 1 Tawarikh. Commentary on the Song of Songs prolog hal.49.
Lactantius (315-325/330 M) mengutip 1 Raja-raja 9:6-9 yang juga 1 Tawarikh 7:19-22 di The Divine Institutes Buku 4 bab.18 hal.121.
Setelah Masa Nicea
Eusebius dari Kaisarea (318-339/340 M)
Athanasius (367, 325-373 M)
Efraim / Efrem (350-378 M)
Epiphanius dari Salamis (360-403 M) (Secara Tersirat)
Rufinus (374-406 M)
Yerome (373-420 M)
Agustinus dari Hippo (388-430 M)
Sulpicius/Sulpitius Severus (363-420 M)
Konsili Kartago (218 uskup) (393-419 M)
P: Apa Gulungan Laut Mati ayat-ayat 1 dan 2 Chr?
J: 2 Tawarikh 28:27; 29:1-3 dipelihara di dalam 4Q118 (= 4QChr)
P: Dalam 1 Taw, apa yang merupakan beberapa perbedaan terjemahan antara bahasa Ibrani dan Septuaginta Yunani?
J: Berikut adalah beberapa perbedaan terjemahan. Ungkapan pertama adalah dari bahasa Ibrani dan yang kedua dari terjemahan Septuaginta Yunani. Untuk mendapatkan suatu sampling, bagian ini berfokus pada bab 1.
1 Taw 1:11-23 Di dalam teks Masoret dan Septuaginta Alexandrine, tapi tidak di Septuaginta lainnya.
1 Taw 1-9 memiliki banyak perbedaan ejaan antara teks Ibrani yang berbeda dan teks Septuaginta. Lihat 1 Taw 1:29-31 untuk sebuah contoh.
1 Taw 1:4 "Sem" vs "anak-anak Nuh: Sem"
1 Taw 1:5 "Yawan dan Tubal" vs "Yovan, Helisa, Thobal"
1 Taw 1:6 "Difat" (sebagian besar teks Ibrani) vs "Rifat" (banyak teks Ibrani, Septuaginta, Vulgate)
1 Taw 1:7 "Elisa dan Tarsis, orang Kitim, dan Dodanim" vs "Helisa, dan Tharsis, orang Citians, dan orang Rhodians."
1 Taw 1:7 "Dodanim" vs "Rhodans / Rhodanim" (Septuaginta, Siria, Vulgata).
1 Taw 1:9 "Raamah" vs "Regma"
1 Taw 1:16 "Nimrod" vs "Nebrod"
1 Taw 1:17 "Aram, dan Us" (teks Masoret) vs "Aram. Anak-anak Aram: Us "(satu teks Masoret dan beberapa Septuaginta).
1 Taw 1:17-23 "dan Arpakhsad, dan Lud, (dll turun ke ayat 24) Sem, Arpakhsad, Selah, Eber" (teks Masoret) vs "dan Arpakhsad, Sala, Eber" (sebagian besar Septuaginta).
1 Taw 1:22 "Obal" (sebagian besar teks Masoret) vs "Ebal" (beberapa teks Masoret dan Siria) vs (tidak ada) (teks Septuaginta).
1 Taw 1:24 "Arpakhsad" vs "Arpakhsad, Kenan" (beberapa teks Septuaginta).
1 Taw 1:29-31 "Nabaioth, lalu Kedar, dan Adbeel, dan Mibsam, Mishma, dan Dumah, Massa, Hadad, Tema, Yetur, Nafis dan Kedma." vs "Nabaeoth, dan Kedar, Nabdeel, Massam , Masma, Iduma, Masse, Chondan, Thaeman, Jettur, Naphes, Kedma "(Ini adalah contoh bagaimana nama-nama berbeda di dalam bahasa Ibrani dan Yunani.).
1 Taw 1:32 "Syeba dan Dedan" vs "Daedan, dan Sabai"
1 Taw 1:34 "Esau dan Israel" vs "Yakub, dan Esau". (Yakub kemudian diganti namanya menjadi Israel).
1 Taw 1:36 "Zefi" (sebagian besar teks Masoret) vs "Zefo" (banyak teks Masoret, beberapa teks Septuaginta, dan Siria Kejadian 36:11 juga mengatakan "Zefo".)
1 Taw 1:36 "Kenas, Timna, dan Amalek" (teks Masoret dan sebagian besar Septuaginta) vs "Kenas oleh Timna, dan Amalek" (beberapa Septuaginta dan Kejadian 36:12)
1 Taw 1:40 "Alian" (sebagian besar teks Masoret) vs "Alvan" (banyak teks Masoret dan beberapa teks Septuaginta. Juga Kejadian 36:23) vs "Alon" (sebagian besar Septuaginta).
1 Taw 1:43 "raja-raja yang memerintah di tanah Edom sebelum raja-raja memerintah atas anak-anak Israel: Bela bin Beor" vs "raja-raja, Balak bin Beor"
1 Taw 1:44 "dari Bozra" vs "dari Bosorrha"
1 Taw 1:50 "Pai" (sebagian besar naskah Ibrani) vs "Pau" (banyak naskah Ibrani, beberapa Septuaginta, Vulgata, dan Siria. Kejadian 36:39. juga mengatakan "Pau") vs "Phogor" (sebagian besar naskah Septuaginta).
1 Chr 1:50 "Pai, dan nama istrinya: Mehetabeel anak perempuan dari Mezahab." vs "Phogor."
1 Taw 1:51 "Dan Hadad meninggal, dan para pemimpin Edom adalah: kepala kaum Timhan, kepala kaum Aliah, kepala kaum Jetheth, kepala kaum Aholibamanh, kepala kaum Ela, kepala kaum Pinon, kepala kaum Kenaz, kepala kaum Teman, kepala kaum Mibzar, kepala kaum Magdiel dan kepala kaum Iram. "vs" Para pangeran Edom: pangeran Thamna, pangeran Golada, pangeran Yeter, pangeran Elibamas, pangeran Elas, pangeran Phinon, pangeran Kenez, pangeran Thaeman, pangeran Babsar, pangeran Magediel, pangeran Zaphoin."
1 Taw 2:6 "Dara" vs "Darda" (beberapa Septuaginta, beberapa Targum Siria. Lihat 1 Raja-raja 4:31) vs "Darad" (sebagian besar Septuaginta).
1 Taw 2:42 "Mesha" vs "Maresa"
1 Taw 2:50 "Sang Anak" vs "Anak-anak" (Septuaginta, Vulgata).
1 Taw 3:5 "Bathshua" (sebagian besar naskah Ibrani) vs "Bathsheba" (satu bahasa Ibrani naskah dan Vulgata 2 Samuel 11:3 juga. mengatakan " Bathsheba ") vs "Bersabee" (Septuaginta).
1 Taw 4:3 "bapak Etam" vs "anak-anak Etam"
1 Taw 4:13 "Hathath" vs "Hathath dan Meonothai"
1 Chr 5:24 "dan Efer" vs "Efer"
1 Taw 6:28 (tidak ada) vs "Yoel" (Septuaginta, Siria, Arab, 1 Samuel 18:2).
1 Taw 6:28 "Vashni dan Abia" vs "Abia yang kedua"
1 Taw 7:28 "Ayyah" (beberapa teks Masoret) vs "Gaza / Gazza" (banyak teks Masoret banyak, Septuaginta, Targum, Vulgata).
1 Taw 8:30 "Baal" vs "Baal, Ner"
1 Taw 9:41 "Tahrea" (Masoret, Septuaginta) vs "Tahrea dan Ahas" (Masoret, Siria, Arab, Targum, Vulgata).
1 Taw 11:11 "tiga puluh" (Masoret dan beberapa Septuaginta, Vulgata) vs "tiga" (beberapa Septuaginta).
1 Taw 11:20 "Abshai" vs "Abishai" (Septuaginta, Vulgata, Targum, 2 Samuel 23:18).
1 Taw 11:20 "tiga" (Masoret, Septuaginta, Vulgata) vs "tiga puluh" (Siria).
1 Taw 11:21 "diantara Tiga orang tersebut" vs "diantara Tiga Puluh orang tersebut."
1 Taw 12:33 "untuk membantu" vs "untuk membantu Daud."
1 Taw 15:18 "Zakharia, Ben," (teks Masoret, Vulgata) vs "Zakharia" (Septuaginta).
1 Taw 17:5 "tetapi saya telah pergi dari tenda ke tenda, dan dari satu kemah yang lain. vs "tapi aku sudah di dalam tabernakel dan sebuah tenda"
1 Taw 18:6 "Daud menempatkan para laki-laki " vs "David menempatkan garnisun." Sebuah garnisun adalah sekelompok prajurit yang ditugaskan untuk menjaga sebuah benteng atau tempat lainnya. (Septuaginta, Vulgata, dan 2 Samuel 8:6).
1 Taw 18:16 "Abimelekh" (sebagian besar teks Masoret) vs "Ahimelekh" (beberapa manuskrip Ibrani, Vulgata, dan Siria. Juga 2 Samuel 8:17).
1 Taw 20:2 "mahkota raja mereka" "mahkota Milcom" vs (Septuaginta, Vulgata dan 1 Raja-raja 11:5,33).
1 Taw 20: 3 "[bekerja dengan] gergaji" vs "memotong mereka dengan gergaji"
1 Taw 23:7 "dari orang-orang Gerson" (Masoret) vs "ke Gersonite" (Masoret sesuai dengan NRSV) vs "Dan untuk keluarga Gedson" vs "Anak-anak Gerson" (Vulgata).
1 Taw 23:10 "Zina" vs "Zizah" (Septuaginta, Vulgata).
1 Taw 24:15 "Happizzez" vs "Aphses (Septuaginta, Vulgata).
1 Taw 25:3 "Yesaya" vs "Yesaya, Simei" (satu teks Masoret, Septuaginta) vs "Iseas" (Septuaginta).
1 Taw 26:17 "enam orang Lewi" vs "enam orang Lewi setiap hari"
1 Taw 26:20 "Adapun orang-orang Lewi, Ahia bertanggung jawab" vs "Lewi sesama mereka yang bertanggung jawab"
1 Taw 27:6 "Ammizabad adalah divisi-nya" vs "Ammizabad bertanggung jawab atas divisi-Nya "
1 Taw 27:24 "sejumlah sejarah" vs "buku sejarah"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar